Selasa, 07 Maret 2017

Klarifikasi Kami Mengenai Pembekuan Akun Oleh Bukalapak

Sesuai dengan judul yang saya tulis, kali ini saya mau share sedikit pengalaman saya berjualan di bukapak.com. Saya sengaja share hal ini untuk klarifikasi saja ya, bukan untuk maksud menjelek2an atau yang lain. Mengapa saya merasa perlu untuk share hal ini, alasan saya adalah untuk pemulihan nama baik toko online saya.

Salah satu situs yang saya pakai untuk berjualan adalah bukalapak.com. Ceritanya kemarin tgl 3-3-2017 tiba2 saja akun bukalapak saya di bekukan oleh administrator. Berikut adalah screen shoot inbox yang saya dapat :



Saya pun bingung, dan saya langsung balas inbox dari team bukalapak. Namun tidak juga ada balasan. Saya langsung telp ke Call center bukalapak, namun ternyata costumer service yang menjawab tidak bisa menjawab pertanyaan saya, kenapa akun saya di bekukan. Akhirnya saya pun mencoba menghubungi bukalapak kembali lewat e-mail, saya tanya kenapa akun saya dibekukan.

Saya coba beberapa kali untuk kirim e-mail dan saya coba gunakan fasilitas hubungi bukalapak di dalam akun, akhirnya tgl 5, pertanyaan saya baru di jawab. Berikut screen shoot e-mail jawabannya :


Seperti yang bisa dilihat, jawaban pertanyaan yang diberikan bukalapak pun tidak memberi solusi. Saya bertanya, produk mana yang dianggap melanggar? Mengapa saya tidak di beri peringatan sebelumnya? Mengapa langsung main bekukan akun? Memangnya seberat apa pelanggaran saya?

Memang berjualan di bukalapak saya pakai akun yg gratis, tapi please lah, yang memberikan fasilitas gratis itu sendiri kan bukalapak? Saya berjualan disitu juga kan harus permisi (harus daftar). Tapi kenapa tiba2 saja akun saya yang udah sejak 2015, di tahun 2017 tiba2 saja di tutup ama Bukalapak tanpa ada peringatan apa2?

Maaf ya, belakangan saya lihat (dikota Surabaya terutama) marak dengan rasia dari satpol pp. Dimana rasia tersebut menertibkan tidak hanya pedagang yang kaki lima, tapi termasuk toko2 juga. Saya sering lihat terutama di Indomaret, Alfamart, Alfamidi, dan mini market lain, pada pintu mereka ditempel stiker peringatan, karena toko mereka melanggar pasal tertentu. Namun tidak pernah saya lihat, toko tersebut ditutup paksa oleh pihak satpol pp.


Mungkin bila pihak mini market sudah sering mendapat peringatan seperti ini, maka mungkin baru mereka akan tutup paksa dan segel tokonya.

Kasus yang saya alami beda banget, saya tidak tau apakah terjadi kesalahan sistem atau mentang2 saya pakai fasilitas gratis, tanpa ada peringatan, toko online saya di tutup tanpa ada peringatan sebelumnya.

Spontan saya marah, sebab jujur rasanya sebagai penjual kok saya tidak dihargai sama sekali. Walaupun saya hanya pakai fasilitas gratis, namun fasilitas itu bukan saya yang meminta, namun pihak bukalapak sendiri yang menyediakan.

Berikut screen shoot e-mail pertanyaan saya kepada admin bukalapak, dan jujur ada omelan kemarahan saya.

Saya kirim e-mail ke admin bukalapak tersebut dengan pertanyaan bertubi2 dan marah karena rasa jengkel banget dengan perlakuan mereka. Saya juga memang berpikir bila memang sudah tidak memungkinkan untuk berjualan di bukalapak, ya sudahlah, saya pikir saya mau cari tempat lain lagi saja untuk berjualan.

Setelah e-mail saya kirim, saya berpikir saya sudah tidak berharap lagi berjualan di bukalapak, otomatis saya juga tidak berharap kalau e-mail saya di balas, Sebab saya juga tau kalau dalam e-mail tersebut saya kirim dengan rasa jengkel banget dan saya udah tumpahkan isi kemarahan saya.

Hari ini saya iseng2 melihat akun bukalapak saya, saya kaget tiba2 kok sudah ada transaksi masuk. Saya langsung cek e-mail apakah dibalas oleh admin. ternyata tgl 6-3-17 ada e-mail masuk dari admin menyatakan kalau akun saya sudah dipulihkan kembali.
Berikut screen shoot e-mail jawaban admin bukalapak :


Seperti yang bisa dilihat dari screen shoot emial diatas, pihak admin bukalapak cuma meminta maaf dan tidak menjelaskan apa2 tentang kesalahan saya. Saya sendiri masih bingung, saya buat salah apa kok sampai toko online saya di bukalapak di tutup sepihak oleh bukalapak.

Jadi, mengapa saya tetap merasa perlu share hal ini karena :
1. Untuk pemulihan nama baik toko saya.
Pembekuan yang dilakukan oleh bukalapak terhadap akun saya, jelas2 tidak ada hubungannya dengan reputasi saya selaku penjual di bukalapak. Namun tentunya ini mempegaruhi image dari toko online saya di bukalapak.

2. Saya pernah tau dari seller lain dimana akun mereka dibekukan selama 1 bulan karena hal itu merupakan sanksi dari bukalapak. Seller tersebut mendapat komplain dari pembeli, dan akhirnya seller tersebut marah2 dan mengumpat. Maka bukalapak memberikan sanksi pembekuan akun selama 1 bulan. Dalam hal kasus saya, saya klarifikasi bahwa saya tidak sedang berselisih dengan pembeli atau yang lain. Sampai sekarang pun saya tidak tau alasan yang jelas dari bukalapak kenapa kok hanya karena salah penempatan kategori barang (kesalahan saya menurut admin bukalapak), tanpa ada peringatan akun saya langsung di bekukan.

3. Untuk pihak bukalapak, kalau baca blog saya, saya harap kedepan agar lebih berhati hati dalam pemberian sanksi pembekuan akun, sebab tentunya ini akan sangat mempengaruhi reputasi dari seller. Dan hal ini menurut saya malah bisa jadi boomerang bagi bukalapak sendiri. Tentunya pembeli akan berpikir, kenapa bukalapak menerima seller yang notabene bermasalah sampai2 akunnya dibekukan.

4. Dalam penempatan kategori barang pun seperti yang sudah saya balas ke admin bukalapak, saya menempatkan barang tersebut juga sama seperti seller2 lain di bukalapak. Dimana mereka menempatkan produk rokok di kategori fashion pria/ perhiasan asesories pria. Di kategori tersebut saya cek malah ada yang menjual air mineral dan serbuk kayu. Mungkin kalau serbuk kayunya masih dipakai untuk sesuatu, tapi kalau air mineral (maaf) masa bisa dipakai untuk perhiasan pria? Saya lihat seller2 tersebut pun akunnya tidak di bekukan dan masih baik2 saja. Saya katakan hal ini bukan untuk provokasi ya, tapi untuk bahan perbandingan saja.

5. Bila memang bukalapak mau bersikap tegas soal kategori, harapan saya kedepan bukalapak bisa memberikan peraturan yang lebih spesifik untuk penempatan barang, kalau perlu beri contohnya. Sebab dalam penempatan kategori tersebut saya rasa tidak bisa di kami sebagai seller harus menetapkan bahwa 1 barang harus masuk kategori tertentu. Mengapa demikian? Saya beri contoh saja : Pisau. Pisau bisa masuk kategori benda tajam, bisa masuk kategori alat pertahanan, bisa masuk kategori benda koleksi, bisa masuk kategori alat olahraga (survival kit). Jadi terkadang kami seller juga bingung harus memasukan kategori yang mana.

6. Menurut pendapat saya, peraturan untuk membekukan akun (menutup toko online secara paksa dan sepihak) sama sekali bukan peraturan yang efektif untuk pemberian sanksi kepada mereka yang salah memasukkan barang pada kategori yang bukalapak mau atau maksudkan. Sebab walaupun andaikata toko saya di tutup sampai 1 bulan oleh bukalapak, lalu apakah setelah lewat masa sanksi tersebut, maka barang bisa berpindah sendiri pada kategori yang bukalapak maksudkan? Sesuai dengan e-mail balasan bukalapak, pihak bukalapak meminta saya untuk memindah manual barang yang menurut admin itu melanggar.
Apalagi dalam kasus saya, saya tidak diberitahu secara spesifik barang yang mana yang melanggar aturan bukalapak.

7. Saya share hal ini agar pembeli2 setia Jills Gallery bisa menghubungi kami langsung di pin BBM kami. Sudah ada di info kontak pada halaman blog kami. Kegiatan jual beli bisa kami layani seperti biasa lewat BBM. Untuk informasi barang dan harga pun sudah kami cantmkan di blog ini. Untuk konfirmasi stock dan pemesanan, bisa langsung hubungi pin BBM kami.

Saya tidak ada niat jahat atau niat buruk dalam hal ini ya, sudah saya tegaskan sekali lagi, hal ini saya share semata2 untuk pemulihan nama baik dan kelancaran kegiatan jual beli di toko online kami.

Saya berharap juga kedepan agar peraturan bukalapk diperbaiki, agar tidak seperti ini lagi. Maaf, kalau boleh saya bilang, hal ini tentu meresahkan saya sebagai seller, atau pun rekan2 seller yang mengalami hal serupa seperti pengalaman saya.

Terima kasih banyak bagi yang sudah membacanya, dan terima kasih banyak untuk pembeli2 setia kami. Selamat berbelanja di Jills Gallery. :)